Selasa, 06 Mei 2014

Middle East Respiratory Syndrome (MERS)

Tahukah anda tentang MERS ??

MERS ini menjadi topic yang tak kalah hangat loh dengan PEMILU di negara kita NKRI. WHY?? Karena Senin, 5 Mei 2014 Pemerintah Indonesia  berkukuh tetap memberangkatkan rombongan umroh dan haji tahun ini (2014) meskipun Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengeluarkan imbauan agar para jemaah umroh dan haji Indonesia menunda keberangkatan mereka guna mencegah penyebaran virus Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS/Middle East Respiratory Syndrome).

Penyakit virus pernapasan ini pertama kali dilaporkan di Arab Saudi pada tahun 2012. Penyebabnya adalah coronavirus yang disebut MERS-COV.

 
Sebelumnya telah dilaporkan MenKes Arab Saudi melaporkan bahwa virus MERS-CoV ditemukan pada Unta, namun untuk transmisi atau jalan penyebarannya ke manusia masih belum jelas. Berdasarkan pemberitaan, penyakit ini telah menyebar di negara-negara timur tengah, Asia dan Eropa (Lalu Indonesia?? Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada laporan kasus MERS). WHO melaporkan sebanyak 250 orang di seluruh dunia telah terinfeksi dan 112 orang meninggal (umumnya lansia dan pemilik riwayat penyakit lain seperti diabetes atau gagal ginjal).
 
Virus ini telah menyebar dari orang sakit ke orang lain melalui kontak langsung dan tanda ataupun gejalanya tidak langsung muncul, sehingga sulit untuk mengenali penyakit ini secara dini. Kebanyakan orang yang telah didiagnosis infeksi MERS-CoV mengeluhkan penyakit pernapasan akut parah. Para penderitanya mengalami demam, batuk, dan sesak napas. Sekitar 30% dari orang-orang ini meninggal

Siapa yang bisa terkena penyakit ini ??

Penyakit-penyakit infeksi virus biasana mudah menyerang dan menginfeksi orang-orang yang sistem imunnya lemah, so begitu juga dengan MERS.

Lalu bagaimana terapinya ??

Karena penyakit ini masih tergolong baru, so sampai saat ini masih belum ada vaksinnya. Sedangkan terapinya pada pasien yang terinfeksi masihlah sebatas terapi suportif  dan didasarkan pada kondisi klinis pasien. 

Jadi teman-teman semua tugas kita saat ini adalah menjaga kesehatan dengan gaya hidup sehat, menjaga daya tahan tubuh dan jaga kebersihan lingkungan serta makanan yang kita konsumsi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar