Kamis, 31 Oktober 2013

Sakit kepala sinus

 



Sakit kepala sinus adalah jenis nyeri yang jarang terjadi di masyarakat, lebih disebabkan oleh terinfeksi di sinus. Gejala umumnya terasa nyeri berdenyut di wajah bagian atas.



Sinus adalah ruang udara kecil di tengkorak, berada di belakang hidung, mata dan pipi. Memiliki rongga yang terhubung ke hidung, sehingga memungkinkan lendir mengalir ke dalamnya dan terperangkap disana. Selain itu rongga tersebut juga berfungsi sebagai jalan masuk udara ke sinus untuk mengeringkan mucus/lendir tadi.

Ketika lapisan hidung dan saluran nafas atas terinfeksi dan bengkak misalnya karena pilek, hal ini bisa memblok rongga kecil dari sinus ke hidung. Kejadian ini akan mencegah pengeringan lendirnya deh. Penderitanya akan merasa pengap dan sesak untuk sementara waktu, tetapi biasanya membaik setelah pilek hilang. Namun, bakteri suka tumbuh di lendir yang gak mengering tadi dan terjadilah sinusitis. Pada sebagian penderita sinusitis, tekanan di dalam sinus meningkat dan menyebabkan rasa sakit atau sakit kepala sinus .

Tanda dan gejala sakit kepala sinus  
Sakit kepala sinus bersifat konstan, denyutan terasa di daerah wajah (sering di bawah mata atau gigi atas). Hal ini cenderung memburuk di pagi hari dan membaik pada siang hari .

Keadaan nyeri juga bisa terjadi akibat perubahan temperatur yang ekstrim (seperti pergi dari ruang hangat ke dingin). Wajah akan terasa ngilu meski dengan sentuhan lembut dan mungkin juga disertai gejala umum sinusitis, seperti hidung meler .

Gejala-gejala sakit kepala sinus sangat mirip dengan migrain dan nyeri kepala tipe tegang, sehingga kadang-kadang bisa sulit untuk mengatakan mana yang Anda miliki. Bila anda merasakan gejala diatas, dalam memastikannya sangat direkomendasikan untuk memeriksakannya ke dokter

Jika diagnosis sudah ditegakkan, umumnya dokter meresepkan salah satu obat berikut ini untuk membantu mengurangi hidung mampet, bengkak selaput lendir dan berair :

  • Tablet dekongestan atau semprot hidung
  • Tablet antihistamin
  • Kortikosteroid nasal spray
Di rumah, anda juga dapat mencoba beberapa hal untuk membantu meredakan sakit kepala sinus, diantaranya:

  • Nasal douching dengan saline nasal spray ( tersedia dari apotek). Nasal douching dapat membantu mengurangi pembengkakan di sinus dengan membilas keluar lendir, bakteri dan partikel penyebab alergi. 
  • Kompres daerah hidung dan sinus dengan  kain dingin selama beberapa menit, ulangi beberapa kali sepanjang hari. 
  • Hirup udara lembab dengan menggunakan humidifier.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar