Rabu, 30 Oktober 2013

Penanganan Obat Kadaluarsa


Cara pakai obat pasti sudah tau ya, soalnya para Apoteker biasanya jelasin cara pakainya baik itu yang diminum, ditempel, disuntikkan,dll.
Pernah terpikirkah bagaimana cara membuang obat-obat di rumah yang uda kadaluarsa???
Buang gitu za ?? atau ada cara khusus ??

Kemarin sempat liat di website New York State Department of Environmental Conservation. Mereka menuliskan bagaimana cara membuang obat (general, bukan hanya antibiotik). Berikut yang disarankan oleh NY DEC itu:



  
 1.      Kumpulkan untuk ditukar. Tapi sayangnya di Indonesia belum ada yang kayak ginian.
2.  Tambahkan pada obat yang akan dibuang (cair atau tablet/pil/semacamnya) dengan air, garam, debu, kotoran, pasir, ampas kopi, atau bahan-bahan yang tidak diinginkan.
Kenapa? pencegahan pengambilan obat ini oleh orang lain, anak kecil, hewan, dsb.
3.   Sembunyikan semua obat dalam wadah tertutup, seperti wadah tersegel, kotak atau plastik untuk mencegah tercecernya obat-obat itu. Segel dengan kuat.
4.  Buang obat-obat saat trash collection day terdekat untuk mencegah terjadinya kesalahan penggunaan. Takutnya sampah yang disimpan di depan rumah uda keduluan digali-gali sama pemulung kalee y...

Saran tambahan Semua obat harus dibuang dalam keadaan tidak di dalam kemasan obatnya. Contohnya kalau tablet dalam strip, semua tabletnya harus dikeluarkan dari stripnya. Lebih bagus digerus, trus stripnya dirusak, robek-robek kemasan obatnya. Hilangkan informasi seputar obat dan keluarkan obat dari kemasan aslinya. Hal ini akan melindungi identitas dan privasi mengenai keadaan kesehatan kita. Pokoknya lakukan semua yang bisa dilakukan untuk mencegah oknum gaje itu mengambil kesempatan.

Ribetkah??
Ribet mana kalo uda sampai kejadian kayak gini :
  • Obat ditemukan di perairan  Penelitian United States Geological Survey (USGS) di tahun 1999 dan 2000 menemukan antibiotik, hormon, kontrasepsi, dan steroid di 80% sungai dan aliran sungai yang diuji. (ya katanya sih dalam konsentrasi rendah...)
  • Mempengaruhi ikan dan kehidupan perairan lainnya Penelitian telah membuktikan bahwa ikan jantan telah terbetinakan (bisa memproduksi telur) saat dipaparkan hormon (dari pil pengatur kehamilan). Obat lain seperti antidepresan, beta-bloker, dapat menurunkan fertilitas beberapa oragnisme air. Bahakan obat kadaluwarsa pun masih memberi efek itu.
  • Bakteri yang menjadi resisten Pemaparan jangka panjang akan antibiotik konsentrasi rendah dapat mengakibatkan mikroba dan bakteri resisten terhadap antibiotik tersebut.

Selain cuma tau cara pakai obat z, kita juga sudah harus paham mengenai bagaimana cara menangani obat-obat kadaluarsa di rumah. Buat temen-temen yang punya toko obat dan semacamnya selain kita menginformasikan, yuk kita tempel poster ini buat menambah pengetahuan dan pemahaman masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar