Selasa, 05 November 2013

Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah kondisi seumur hidup yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi. Di Inggris, sekitar 2,9 juta orang terkena diabetes. Ada juga diperkirakan sekitar 850.000 orang dengan diabetes tak terdiagnosis. Ada dua jenis utama diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2.
Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup untuk berfungsi dengan baik, atau sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Hal ini dikenal sebagai resistensi insulin . Diabetes tipe 2 jauh lebih umum terjadi daripada diabetes tipe 1, yang terjadi ketika tubuh tidak memproduksi insulin sama sekali.  Sekitar 90 % dari seluruh orang dewasa dengan diabetes termasuk pada diabetes tipe 2 .
Diabetes tipe 2 biasanya mempengaruhi orang-orang di atas usia 40, meskipun orang yang lebih muda juga bisa saja terdiagnosis. Hal ini lebih umum pada orang dari Asia Selatan, Afrika- Karibia atau keturunan Timur Tengah yang memang notabenenya makanan pokoknya beras.
 

Gejala diabetes
Diabetes dapat menyebabkan berbagai gejala. Gejala umum untuk kedua jenis diabetes meliputi:
merasa sangat haus
 - Sering kencing, terutama pada malam hari (nocturia)
 - Merasa sangat lelah
 - Penurunan berat badan dan kehilangan massa otot
Anda harus mengunjungi dokter sesegera mungkin jika merasakan gejala ini.

Penyebab diabetes tipe 2
Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh organ pankreas, sebuah kelenjar besar yang terletak di belakang perut. Insulin mengontrol jumlah glukosa (gula ) dalam darah.
Insulin membantu glukosa dari darah masuk ke dalam sel untuk diubah menjadi energi. Pada diabetes tipe 2, insulin yang diproduksi tidak cukup untuk mempertahankan kadar glukosa darah normal (defisiensi insulin), atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkan secara efektif (resistensi insulin).


Diabetes tipe 2 ini harus didiagnosis sedini mungkin. Diabetes tidak dapat disembuhkan, tetapi pengobatannya bertujuan untuk menjaga kadar glukosa darah tetap dalam kadar normal untuk mengontrol gejala dan meminimalkan masalah kesehatan berkembang kemudian.

Jika Anda didiagnosis dengan diabetes , Anda mungkin akan dirujuk  melakukan perawatan diabetes. Dalam beberapa kasus diabetes tipe 2, dimungkinkan untuk mengontrol gejala dengan mengubah gaya hidup Anda, seperti makan makanan yang sehat. Namun, diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi progresif , maka untuk terapinya memerlukan obat-obatan juga untuk menjaga gula darah tetap pada kadar normal. Untuk mulai dengan hal ini biasanya akan mengambil bentuk tablet, tetapi kemudian di atasnya mungkin termasuk terapi disuntikkan, seperti insulin. Menjaga kesehatan juga akan membuat Anda lebih mudah mengobati diabetes dan meminimalkan risiko terkena komplikasi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar