Jumat, 01 November 2013

IMUNISASI Menciptakan Generasi Sehat

 IMUNISASI

 
Apa itu Imunisasi ???
Imunisasi berasal dari kata imun yang berarti kebal. Vaksin ialah suatu perbenihan kuman-kuman yang sudah dibunuh atau dilemahkan. Imunisasi bertujuan untuk merangsang timbulnya kekebalan dari dalam tubuh dengan memasukkan vaksin.
Bayi dan anak balita merupakan kelompok usia yang rentan terhadap penyakit menular. Kelompok usia yang rentan ini perlu perlindungan khusus (specific protection) dengan imunisasi baik imunisasi aktif maupun pasif.




MANFAAT IMUNISASI
a) Manfaat untuk anak
   Mencegah penderitaan yang disebabkan oleh penyakit, dan kemungkinan cacat atau kematian.
b) Manfaat untuk keluarga
   Menghilangkan kecemasan dan biaya pengobatan bila anak sakit. Mendorong keluarga kecil  apabila si orang tua yakin bahwa anak-anak akan menjalani masa anak-anak dengan aman.
c) Manfaat untuk negara
   Memperbaiki tingkat kesehatan, menciptakan bangsa yang kuat dan berakal sehat untuk melanjutkan pembangunan negara dan memperbaiki citra bangsa Indonesia diantara segenap bangsa di dunia.

JENIS IMUNISASI
BCG
Vaksin BCG diberikan pada bayi sejak lahir, untuk mencegah penyakit TBC. Jika bayi sudah berumur lebih dari tiga bulan, harus dilakukan uji tuberkulin terlebih dulu. BCG dapat diberikan apabila hasil uji tuberkulin negatif.

Hepatitis B
Hepatitis B diberikan tiga kali. Yang pertama dalam waktu 12 jam setelah lahir. Imunisasi ini dilanjutkan saat bayi berumur 1 bulan, kemudian diberikan lagi saat 3-6 bulan.

Polio
Imunisasi yang satu ini belakangan sering didengung-dengungkan pemerintah karena telah memakan korban cukup banyak. Target pemerintah membebaskan anak-anak Indonesia dari penyakit polio. Polio-0 diberikan saat kunjungan pertama setelah lahir. Selanjutnya vaksin ini diberikan 3 kali, saat bayi berumur 2, 4, dan 6 bulan. Pemberian vaksin ini dulang pada usia 18 bulan dan 5 tahun.

DTP
DTP diberikan untuk mencegah tiga macam penyakit sekaligus, yaitu Difteri, Tetanus, dan Pertusis. Vaksin ini diberikan pertama kali saat bayi berumur lebih dari enam minggu. Lalu saat bayi berumur 4 dan 6 bulan. Ulangan DTP diberikan umur 18 bulan dan 5 tahun. Pada anak umur 12 tahun, imunisasi ini diberikan lagi dalam program BIAS SD kelas VI.

Campak
Campak pertama kali diberikan saat anak umur 9 bulan. Campak-2 diberikan pada program BIAS SD kelas 1, umur 6 tahun.

Hib dan Pneumokokus (PCV)
Mencegah penyakit paru-paru dan radang otak. Vaksin diberikan mulai umur 2 bulan dengan interval dua bulan, sebanyak 3 kali. Imunisasi Hib kemudian diulang saat anak berumur 15-18 bulan, sedangkan PCV diulang saat anak berusia 12-15 bulan.


EFEK SAMPING IMUNISASI
Pasca imunisasi umumnya muncul ‘Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)’, seperti:
 • Demam ringan sampai tinggi
 • Bengkak
 • Kemerahan
 • Radang
 • Kejang-kejang

Tips mengatasi demam pasca imunisasi pada bayi :
    - Jangan pakaikan selimut atau baju terlalu tebal
    - Kompres dengan air hangat
    - Bila perlu berikan obat penurun panas sesuai dosis yang dianjurkan dokter
    - Selalu ukur suhu badan Si kecil dengan menggunakan Termometer
    - Selalu peluk Si kecil saat merasa tidak nyaman


Jadwal Imunisasi Anak (5 Imunisasi Dasar Lengkap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar